9 Cara yang Sedikit Diketahui Untuk Socionics

Socioonics adalah teori pseudoscientific tentang jiwa dan cara informasi diproses. Teori ini berbeda dengan teori-teori lain tentang tipe kepribadian yang menekankan pentingnya otak untuk mendapatkan informasi. Socionics, untuk contoh tes socionics, mengklaim bahwa interaksi sosial adalah hasil dari jaringan dalam konteks sosial, bukan pengaruh biologis. Meskipun ini bukan konsep ilmiah, sosionik mungkin memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana orang berinteraksi satu sama lain.

Dalam sosionik, teori hubungan antartipe membantu mengidentifikasi interaksi manusia dengan tingkat akurasi yang luar biasa. Ini sangat membantu dalam bidang hubungan manusia dan tidak diragukan lagi tak tergantikan untuk semua aspek lain dari aktivitas manusia. Banyak makalah ilmiah dan buku teks telah mengandalkan landasan teoretisnya. Namun, ada satu masalah dengan teori ini: tidak mudah mengukur dinamika sosial orang tertentu.

Untungnya, sekarang ada sistem tes psikometri yang tersedia yang dapat membantu mengidentifikasi ciri kepribadian yang dominan. Model informasi ini dapat membantu individu untuk menentukan preferensi mereka dalam hubungan interpersonal, gaya komunikasi, dan keterampilan profesional basis data film (2019). Socionics adalah bidang psikologi yang muncul di luar akademi, meskipun bukan bidang yang diakui secara resmi, tetapi masih banyak digunakan. Sosionis yang dihormati menulis artikel untuk jurnal di komunitas dan mengambil bagian dalam diskusi dan seminar profesional.

Socionics didirikan pada gagasan bahwa orang terdiri dari blok yang memiliki fungsi psikologis mereka sendiri. Berbagai kombinasi dari blok-blok ini dapat menghasilkan berbagai jenis karakter dan perilaku. Untuk sepenuhnya menuai manfaat dari konsep ini, sosionik sangat penting untuk memahami hubungan antara blok. Dimungkinkan juga untuk memeriksa sosionik versi online. Selain tes kepribadian, Anda juga bisa melakukan tes golongan darah.

Tipe Socionics didasarkan pada konsep bahwa seseorang itu seperti susunan balok. Setiap blok adalah tujuan psikologis. Mereka bertanggung jawab untuk menerima dan sikap jiwa menghasilkan informasi. Berbagai kombinasi blok ini akan menghasilkan tipe karakter yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk enneagram struktur pikiran. Ini terdiri dari emosi yang mereka alami. Hal ini penting untuk memahami bagaimana orang berkomunikasi dan berperilaku. Cara terbaik adalah melakukan ini melalui sebuah buku yang mencakup karakteristik khusus dari setiap jenis.

Socionics percaya bahwa sifat yang sama dapat menyebabkan konflik atau ketidakcocokan. Dua orang mungkin mempersepsikan suatu peristiwa secara berbeda jika mereka memiliki kepribadian yang berbeda. Dua jenis individu yang berbeda akan memiliki hasil yang berbeda dalam pekerjaan. Oleh karena itu, mereka harus mampu berkomunikasi secara efektif. Mereka akan lebih santai dan nyaman satu sama lain.

Socionics didirikan pada empat dikotomi Jung. Masing-masing memiliki metode sendiri dalam menafsirkan informasi dan keempat jenis informasi tersebut diproses dengan cara yang berbeda. Mereka yang menggunakan logika lebih rasional. Di sisi lain, orang dengan karakteristik emosional atau intuitif lebih cenderung berada dalam keadaan irasionalitas. Keempat jenis ini digambarkan sebagai campuran dari keduanya.

Selain perbedaan antar tipe, teori yang mendukung teori Socionics juga memasukkan tipe kepribadian. MBTI mengkategorikan empat jenis berdasarkan karakteristik mereka. Karakteristik khusus dari masing-masing jenis menjelaskan kepribadian mereka yang berbeda. Mampu membedakan antara individu-individu dari tipe yang berbeda menyebabkan perilaku yang berbeda dan ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki tipe psikologis yang sama. Manfaat utama untuk jenis studi ini adalah kemampuannya untuk memprediksi hubungan manusia dan untuk memastikan bahwa mereka bekerja secara harmonis.

Teori sosionik dibangun di atas empat jenis informasi. Mereka diklasifikasikan menurut fungsinya. Masing-masing memiliki metode sendiri dalam memproses informasi. Inilah sebabnya mengapa berbeda dari jenis lain dalam hal ini. Beberapa teori sosionik berakar pada teori psikologi Jung, yang merupakan ilmu tentang perilaku manusia. Teori-teori ini berasal dari perilaku dan sifat kognitif seseorang.

Author: Carla Scott