Kenaikan harga rumah Inggris mengumpulkan kecepatan lebih pada bulan November -Nationwide

LONDON, 1 Des (Reuters) – Pertumbuhan harga rumah Inggris dipercepat bulan lalu dan pasar bertahan meskipun berakhirnya langkah-langkah dukungan darurat pandemi untuk perumahan dan ekonomi yang lebih luas, pemberi pinjaman hipotek Nationwide mengatakan pada hari Rabu.

Harga rumah naik 0,9% pada November dibandingkan dengan Oktober ketika mereka naik 0,7%, hydraclubbioknikokex7njhwuahc2l67lfiz7z36md2jvopda7nchid Nationwide mengatakan. Jajak pendapat Reuters dari para ekonom telah menunjukkan kenaikan bulanan 0,5%.

Kenaikan harga rumah meninggalkan 10% lebih tinggi dari pada November 2020, di atas perkiraan rata-rata 9,3% dalam jajak pendapat Reuters.

Kepala ekonom nasional Robert Gardner mengatakan harga rumah sekarang hampir 15% di atas levelnya pada Maret 2020 ketika pandemi melanda Eropa.

“Aktivitas yang mendasari tampaknya bertahan dengan baik,” kata Gardner.

Permintaan untuk perumahan telah kuat di Inggris – dan banyak negara lain di seluruh dunia – sejak pencabutan penguncian virus corona pertama tahun lalu, didorong oleh permintaan untuk properti yang lebih besar karena lebih banyak orang bekerja dari rumah.

Pasar Inggris juga didorong oleh insentif pajak yang ditawarkan oleh menteri keuangan Rishi Sunak yang sepenuhnya berakhir pada akhir September, ketika program dukungan pekerjaan juga berakhir.

Sejak berakhirnya program cuti tidak ada tanda-tanda lonjakan pengangguran yang besar.

“Jika ini dipertahankan, kondisi pasar perumahan mungkin akan tetap cukup baik dalam beberapa bulan mendatang, terutama karena pasar memiliki momentum dan ada ruang untuk perubahan berkelanjutan dalam preferensi perumahan, sebagai akibat dari pandemi, untuk terus mendukung aktivitas,” Gardner dikatakan.

Kekurangan rumah untuk dijual juga terus mendukung harga rumah.

Gardner mengatakan prospek tetap tidak pasti karena faktor-faktor seperti kemungkinan Bank of England menaikkan suku bunga dan dampak varian Omicron dari virus corona pada kesehatan masyarakat dan ekonomi.

“Memang, pertumbuhan harga rumah telah melampaui pertumbuhan pendapatan dengan margin yang signifikan dan, sebagai akibatnya, keterjangkauan perumahan sudah kurang menguntungkan daripada sebelum pandemi melanda,” katanya. (Ditulis oleh William Schomberg; diedit oleh Jason Neely dan Andrew Surga)

Author: Carla Scott